• MTS NEGERI 2 EMPAT LAWANG
  • AGRESIF - Akademis, Giat, Religius, Sehat dan Inovatif
  • mtsnmuarapinang@kemenag.go.id
  • (0731)3660722
  • Pencarian

Apa Itu P5 Dalam Kurikulum Merdeka?

Kurikulum Merdeka P5 diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia pada tahun 2021 dengan tujuan memberikan kebebasan dan kemandirian pada siswa dalam menentukan pendidikan sesuai dengan minat dan bakat. Lantas apa yang dimaksud dengan kurikulum merdeka P5?

Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek tersebut dirancang terpisah dari intrakurikuler.

Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Dapat dikatakan pula bahwa, P5 Kurikulum Merdeka adalah sistem pembelajaran yang bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan di sekitar melalui lima aspek utama, yaitu: potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial.

Kurikulum Merdeka P5 memanfaatkan metode pembelajaran yang interaktif dan memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Untuk itu, diharapkan dengan adanya kurikulum ini, siswa dapat mengembangkan potensi mereka dengan lebih bebas dan kreatif, serta mempersiapkan mereka menjadi individu yang lebih mandiri dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat.

Kunci Sukses Kurikulum Merdeka P5.
Untuk mencapai keberhasilan dalam pelaksanaan program P5 dalam Pendidikan diperlukan kunci sukses. Kunci sukses tersebut akan membantu penerapan program P5 di dalam satuan Pendidikan Indonesia. Berikut ini adalah kunci sukses penerapan P5 dalam satuan Pendidikan, sebagai berikut:

1. Kepemimpinan yang kuat dan berkomitmen tinggi
Salah satu kunci sukses utama dalam menerapkan P5 Kurikulum Merdeka adalah kepemimpinan yang kuat dan komitmen yang tinggi. Kepala sekolah dan guru-guru perlu memahami konsep secara mendalam dan berkomitmen untuk melaksanakannya dengan baik.
Kepala sekolah harus memastikan bahwa semua guru dan karyawan di sekolah memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan dan strategi penerapan P5 Kurikulum Merdeka.

2. Pengembangan kurikulum yang relevan
Kunci sukses kedua adalah pengembangan kurikulum yang relevan dengan P5 Kurikulum Merdeka. Kurikulum harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memfasilitasi pencapaian tujuan P5, seperti penguatan karakter, literasi, numerasi, dan kemampuan hidup. Selain itu, kurikulum juga harus memasukkan kearifan lokal dan teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian penting dari pembelajaran.

3. Menggunakan metode pembelajaran yang inovatif
Kunci sukses ketiga adalah penggunaan metode pembelajaran yang inovatif. Guru harus memanfaatkan berbagai teknologi dan sumber daya yang tersedia untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan kreatif. Contohnya, guru dapat menggunakan media sosial dan video untuk mengajarkan pelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.

4. Mengembangkan profesionalisme guru
Kunci sukses keempat adalah pengembangan profesionalisme guru. Guru harus terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka tentang P5 Kurikulum Merdeka. Selain itu, guru juga harus terus berinovasi dalam pengajaran dan mempelajari teknologi dan metode pembelajaran yang baru.

5. Kolaborasin dan berkomunikasi dengan orang tua siswa
Kunci sukses kelima adalah kolaborasi dengan orang tua dan komunitas. Orang tua dan komunitas dapat memberikan dukungan dan masukan yang berguna dalam penerapan P5 Kurikulum Merdeka. Selain itu, kolaborasi dengan berbagai pihak juga dapat membantu memperluas kesempatan siswa untuk belajar dan berkembang.

6. Mengintegrasikan P5 dalam kurikulum pembelajaran
Kunci sukses keenam adalah mengintegrasikan P5 dalam kurikulum secara menyeluruh. Setiap mata pelajaran harus mengandung unsur-unsur P5, sehingga siswa dapat mengembangkan semua aspek yang diperlukan untuk menjadi generasi yang mandiri, inovatif, dan mampu bersaing di era global.

7. Memahami konsep P5
Kunci sukses ketujuh adalah pemahaman terhadap 5 konsep penting dalam penerapannya. Kelima konsep tersebut meliputi pembelajaran, penilaian, pengembangan kurikulum, pengembangan profesional guru, dan pemantauan serta evaluasi.

Konsep-konsep ini bertujuan untuk memberikan pendekatan yang lebih efektif dan efisien dalam proses pembelajaran dan pengajaran.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara HUT RI ke 78 Madtsandupala Berjalan Khidmat

Muara Pinang, Humas. Upacara HUT RI ke 78 dilaksanakan di lapangan satker MTsN 2 Empat Lawang (Madtsandupala) diikuti oleh seluruh tenaga pendidikan dan kependidikan serta siswa berjala

17/08/2023 10:27 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 326 kali
Hargai Prestasi dengan Piagam

Muara Pinang, Humas. Pada upacara bendera hari senin (14/8) di lapangan MTsN 2 Empat Lawang (Madtsandupala) Kepala Madrasah, Amrullah membagikan piagam kepada peserta dan pembina pramuk

14/08/2023 08:51 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 134 kali
Kurikulum Merdeka dari Sudut Pandang Guru Madrasah

Kurikulum merdeka adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada guru dan peserta didik dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas, relevan, dan bermakn

03/08/2023 11:30 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 344 kali
Pelepasan Preserta Perkemahan Pramuka Temu Karya Madrasah 2023

Muara Pinang, Humas. Bertempat di lapangan madrasah, Kamis (3/8), Kepala Madrasah, Amrullah, S.Pd.I., M.Si., melepas kontingen Perkemahan Pramuka Madrasah,  yang akan mengikuti Per

03/08/2023 08:53 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 570 kali
Kakankemenag Empat Lawang bagikan Piala KSM 2023

Muara Pinang, Humas – Usai bergelut sengit dalam ajang kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 tingkat Kabupaten Empat Lawang yang diselenggarakan pada 10 Juli yang lalu, akhirn

20/07/2023 12:23 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 356 kali
Tanggal Merah? Madtsandupala adakan Sosialisasi Lanjutan IKM

Muara Pinang, Humas - Tenaga Pendidik MTs Negeri 2 Empat Lawang mengikuti kegiatan lanjutan sosialisasi pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang digelar secara mandiri oleh

19/07/2023 11:27 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 330 kali
Tahun Ajaran Baru, Kamad Lakukan Rapat Pembinaan

Muara Pinang, Humas - Memasuki tahun ajaran baru semester ganjil, Kepala MTsN 2 Empat Lawang Amrullah menggelar rapat pembinaan rutin awal tahun ajaran baru yang diikuti oleh seluruh te

18/07/2023 11:45 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 176 kali
Upacara Pertama Tahun Ajaran Baru

Muara Pinang, Humas - Seluruh siswa MTsN 2 Empat Lawang kemarin mengadakan upacara bendera di hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru 2023/2024, Senin (17/7). Upacara dilaksanak

18/07/2023 11:13 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 313 kali
Buka Matsama Madtsandupala, Kamad Harap Bersifat Edukatif dan Inspiratif

Muara Pinang, Humas – Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama), merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrsah yang akan ditempati oleh siswa-siswi baru selama

18/07/2023 10:45 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 206 kali
MADTSANDUPALA Ikuti KSM Hari Kedua Tingkat Kabupaten

Muara Pinang, Humas. Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Agama. KSM kali ini dilaksanakan mulai tanggal 8 Juli s/d 10

10/07/2023 11:18 - Oleh TIM IT MTsN 2 Empat Lawang - Dilihat 248 kali